Teknologi

Cara Mematikan Update Sistem Otomatis Infinix

Cara Mematikan Update Sistem Otomatis Infinix – Dalam era teknologi yang terus berkembang pesat, pembaruan sistem otomatis pada perangkat smartphone seperti Infinix...

Written by Admin Marrisashen · 2 min read >
cara Mematikan Update Sistem Otomatis Infinix

Cara Mematikan Update Sistem Otomatis Infinix – Dalam era teknologi yang terus berkembang pesat, pembaruan sistem otomatis pada perangkat smartphone seperti Infinix telah menjadi hal yang umum. Meskipun pembaruan sistem ini penting untuk menjaga keamanan dan kinerja perangkat, ada situasi di mana pengguna ingin memiliki kendali penuh atas kapan dan bagaimana pembaruan tersebut dilakukan.

Bagi para pengguna Infinix yang ingin memahami cara mematikan update sistem otomatis, artikel ini Marrisa Shen akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk melakukan hal tersebut. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat mengendalikan pembaruan sistem pada perangkat Infinix sesuai dengan preferensi Anda.

Mengapa Anda Mungkin Ingin Mematikan Update Sistem Otomatis

Sebelum kita membahas cara mematikan update sistem otomatis Infinix, penting untuk memahami mengapa beberapa pengguna mungkin ingin melakukannya. Ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin ingin mengontrol pembaruan sistem pada perangkat mereka:

  1. Ketidakcocokan Versi: Terkadang, pembaruan sistem terbaru mungkin tidak kompatibel dengan perangkat Anda atau dapat mengakibatkan masalah kinerja.
  2. Konsumsi Data: Pembaruan sistem otomatis dapat menghabiskan kuota data Anda jika Anda tidak terhubung ke Wi-Fi saat pembaruan tersedia.
  3. Pembaruan Terlalu Sering: Beberapa pengguna mungkin merasa terganggu oleh pembaruan yang terlalu sering, terutama jika mereka tidak melihat perubahan yang signifikan setiap kali.
  4. Ketidaksetujuan Privasi: Beberapa pengguna peduli tentang data pribadi mereka dan ingin menghindari pembaruan yang mungkin mengubah pengaturan privasi mereka.

Sekarang, mari kita jelajahi beberapa cara untuk mematikan pembaruan sistem otomatis pada perangkat Infinix.

Menggunakan Pengaturan Sistem

  1. Buka Pengaturan: Buka aplikasi “Pengaturan” pada perangkat Infinix Anda.
  2. Pilih ‘Sistem’: Gulir ke bawah dan cari opsi yang bertuliskan “Sistem” atau “Tentang Ponsel.” Ketuk itu.
  3. Pilih ‘Pembaruan Perangkat Lunak’: Di dalam menu “Sistem,” Anda akan menemukan opsi yang berkaitan dengan pembaruan perangkat lunak. Ketuk itu.
  4. Nonaktifkan ‘Pembaruan Otomatis’: Anda akan melihat pilihan yang mengizinkan pembaruan otomatis. Matikan opsi ini. Anda mungkin akan diminta untuk memasukkan kata sandi atau PIN Anda sebagai langkah keamanan.
  5. Konfirmasi Matikan Pembaruan Otomatis: Konfirmasikan bahwa Anda ingin mematikan pembaruan otomatis. Setelah ini, perangkat Infinix Anda tidak akan lagi secara otomatis mendownload dan menginstal pembaruan sistem.

Menggunakan Aplikasi Manajemen Perangkat

  1. Unduh Aplikasi Manajemen Perangkat: Di Google Play Store, Anda dapat menemukan berbagai aplikasi manajemen perangkat yang memungkinkan Anda mengontrol pembaruan sistem. Unduh salah satu yang Anda percayai dan instal di perangkat Anda.
  2. Buka Aplikasi: Setelah instal, buka aplikasi manajemen perangkat tersebut.
  3. Cari Opsi Pembaruan Sistem: Di dalam aplikasi, Anda akan menemukan opsi yang berkaitan dengan pembaruan sistem. Ini mungkin berbeda-beda tergantung pada aplikasi yang Anda pilih.
  4. Nonaktifkan Pembaruan Otomatis: Biasanya, Anda akan memiliki pilihan untuk mematikan pembaruan otomatis di sini. Matikan opsi ini sesuai preferensi Anda.
  5. Konfirmasi Matikan Pembaruan Otomatis: Pastikan untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin mematikan pembaruan otomatis. Perangkat Anda sekarang tidak akan lagi secara otomatis mendownload dan menginstal pembaruan sistem.

Menggunakan Developer Options

  1. Buka Pengaturan: Buka aplikasi “Pengaturan” pada perangkat Infinix Anda.
  2. Buka ‘Tentang Ponsel’: Di menu “Pengaturan,” cari dan ketuk opsi yang bertuliskan “Tentang Ponsel.”
  3. Aktifkan ‘Developer Options’: Di dalam menu “Tentang Ponsel,” cari opsi yang berkaitan dengan “Nomor Build” atau “Versi Perangkat Lunak.” Ketuk opsi ini beberapa kali (biasanya sebanyak tujuh kali) untuk mengaktifkan “Developer Options.”
  4. Kembali ke Pengaturan Utama: Setelah Anda mengaktifkan “Developer Options,” kembali ke menu pengaturan utama.
  5. Masuk ke ‘Developer Options’: Anda sekarang akan melihat opsi baru yang disebut “Developer Options.” Masuk ke dalamnya.
  6. Nonaktifkan ‘Otomatis Sistem Pembaruan’: Di dalam “Developer Options,” cari opsi yang berkaitan dengan “Otomatis Sistem Pembaruan” atau “System Update Automation.” Matikan opsi ini.
  7. Konfirmasi Matikan Pembaruan Otomatis: Pastikan untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin mematikan pembaruan otomatis. Dengan ini, perangkat Infinix Anda tidak akan lagi secara otomatis mendownload dan menginstal pembaruan sistem.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

  1. Unduh Aplikasi Pihak Ketiga: Di Google Play Store, ada aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengontrol pembaruan sistem. Cari aplikasi tersebut, unduh, dan instal di perangkat Anda.
  2. Buka Aplikasi: Setelah instal, buka aplikasi pihak ketiga ini.
  3. Pengaturan Kustomisasi: Banyak aplikasi ini memberikan opsi kustomisasi yang luas. Anda dapat menyesuaikan pengaturan pembaruan sesuai preferensi Anda, termasuk mematikan pembaruan otomatis.
  4. Nonaktifkan Pembaruan Otomatis: Di dalam aplikasi, cari opsi yang berkaitan dengan pembaruan otomatis dan matikan sesuai keinginan Anda.
  5. Konfirmasi Matikan Pembaruan Otomatis: Pastikan untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin mematikan pembaruan otomatis. Setelah ini, perangkat Infinix Anda tidak akan lagi secara otomatis mendownload dan menginstal pembaruan sistem.

Kesimpulan

Mematikan pembaruan sistem otomatis pada perangkat Infinix bisa menjadi pilihan yang berguna terutama jika Anda ingin mengontrol kapan dan bagaimana pembaruan sistem dilakukan. Namun, penting untuk diingat bahwa pembaruan sistem seringkali mengandung perbaikan keamanan penting dan perbaikan bug yang dapat melindungi perangkat Anda dari ancaman keamanan dan meningkatkan kinerja. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya mematikan pembaruan otomatis jika Anda yakin akan konsekuensinya dan mampu untuk secara manual memantau dan menginstal pembaruan sistem yang relevan. Selalu pertimbangkan keamanan dan performa perangkat Anda saat mengambil keputusan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *